TAULADAN RADEN AJENG KARTINI 21 APRIL 2021


 


TAULADAN RADEN AJENG KARTINI
21 APRIL 2021

"Habis gelap terbitlah terang"

        "Sesungguhnya tada kemudahan yang engkau dapati"
        "melainkan kesulitan yang telah engkau lalui"

    R.A Kartini itu sebutan yang akrab di masyarakat Indonesia. Banyak tauladan yang dapat kita pelajari dari seorang R.A Kartini diantaranya, mandiri, sederhana, optimis, wawasan luas, inspiratif. Banyak tantangan yang dilalui  R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kesetaran kaum wanita dikalangan masyarakat dikala itu.

    Sebagai wanita yang memiliki wawasan luas R.A Kartini sangat gemar menulis dirinya terus mengembangkan konsep dalam perjuangannya. R.A Kartini semakin berfikir bahwa wanita harus memiliki hak-hak yang sama baik berpendapat, bekerja dan pendidikan. Buah kerja keras beliau kini bisa dirasakan oleh para Kartini masa kini. Kita biasa melihat pada masa kini wanita biasa bekerja serta berkarir menyaingi atau menyetarai kaum pria. Bahkan kita dapat merasakan kaun kartini masa kini lebih mendominasi dalam dunia pendidikan utamannya.

    Kita semua berharap bahwa kedepan cahaya kaum kartini masa kini tidak kian redup, oleh dunia teknologi yang berkembang semakin pesat. Oleh karena itu,  perlunya kesadaran betapa pentingnya memahami suri tauladan dari para pembesar serta pendiri bangsa oleh calon kaum kartini masa kini. 






Mamas Ardy